Cara Install Teamviewer

Cara Install TeamViewer – Di era yang serba modern ini, penggunaan Komputer & Laptop serta gadget seperti Smartphone seakan menjadi kebutuhan primer yang terasa kurang jika tidak dimiliki.

Dengan akses internet yang semakin luas, serta teknologi yang semakin modern memungkinkan kita berhubungan jarak jauh dengan orang lain tanpa harus bertatap muka secara langsung (face to face) dengan adanya fitur Video Call.

Selain Video Call yang membantu untuk menghubungkan kita dengan orang lain, ada sebuah aplikasi yang memudahkan kita untuk menggunakan perangkat lain dari jarak jauh, semacam remote desktop tetapi lebih mudah dan cepat, yaitu TeamViewer.

 

Oke, skip skip skip, untuk menghemat waktu kalian membaca artikel tutorial ini, berikut step by step cara install TeamViewer di komputer kalian.

1. Download Aplikasi TeamViewer

Langkah pertama tentunya kalian harus download dulu installer TeamViewer, saya saya rekomendasikan langsung dari situs Official TeamViewer atau bisa langsung via Direct Link ini.

download TeamViewer
Tampilan situs Official TeamViewer

Mungkin suatu saat tampilannya akan berubah karena TeamViewer terus update, jadi ada kemungkinan tombol download-nya dipindah, jadi kalian bisa coba untuk cari sendiri kedepannya.

lokasi install TeamViewer
Pilih lokasi penyimpanan Installer TeamViewer

Sekali lagi, saya rekomendasikan untuk download langsung dari situs resminya, demi mencegah adanya virus yang masuk dan hal-hal yang tidak diinginkan nantinya.

 

2. Setup TeamViewer

Setelah installer di download dan di simpan, kemudian buka Installer TeamViewer tersebut. Buka installer, lalu:

  • Pada bagian How do you want to proceed? pilih “Basic installation
  • Pada bagian How do you want to user TeamViewer? pilih “Personal / Non-Commercial Use
tampilan install TeamViewer-1
Tampilan installasi TeamViewer

Note: Checklist bagian “Show advanced settings” hanya jika kalian tau yang kalian lakukan, klik “Accept – Finish” yang ada di bagian bawah kanan, seperti pada gambar berikut ini:

tampilan install TeamViewer-2
Proses instalasi TeamViewer

Di bagian atas yang ditandai merah adalah lokasi instalasi TeamViewer nantinya, karena saya tipe orang yang tidak suka banyak icon di desktop, seringnya saya buka secara manual atau shortcut di Start Menu.

 

3. Selesai, TeamViewer Ready

Setelah itu tunggu proses instalasi selesai (sekitar kurang dari 2 menit). Kemudian, akan muncul PopUp TeamViewer akan muncul seperti gambar di bawah ini :

Cara install TeamViewer
Tampilan TeamViewer ketika ingin digunakan

Nah, sampai sini mungkin akan saya jelaskan sedikit yang saya pahami dari TeamViewer, agar teman-teman tidak kesulitan nantinya.

  • [No.1] Disitu tertulis “YOUR ID” yang artinya jika ada orang yang ingin terhubung dengan komputer kalian harus memasukkan-nya di kolom “Partner ID” yang ada di No. 3, sebaliknya jika kalian ingin terhubung ke komputer lain, harus memasukkan ID mereka ke bagian Partner ID.
  • [No.2] Password disini digunakan ketika kalian menekan tombol “Connect”.
  • [No.3] Isi dengan ID yang ada pada komputer lain yang ingin dihubungkan.
  • [No.4] Tombol yang digunakan setelah mengisi kolom Partner ID.

Sebelum menggunakan, pastikan kalian memiliki koneksi internet aktif dan juga bukan berbasis Quota. Admin tidak bertanggung jawab akan kehilangan Quota dalam jumlah banyak yang kalian alami setelah menggunakan TeamViewer.

 

Penggunaan TeamViewer

Sebenarnya kapan kalian perlu untuk menggunakan TeamViewer ini? apakah kita harus menginstallnya? berikut beberapa hal yang perlu kalian ketahui kelebihan dari aplikasi ini:

  • Aplikasi TeamViewer memudahkan penggunanya dari tampilannya yang sangat user-friendly. Penggunanya hanya diharuskan memasukkan kode unique (Partner ID) dan juga mencocokkan password.
  • TeamViewer tersedia gratis untuk penggunaan personal (non-commercial), jadi kalian bisa mendownload aplikasi ini lebih mudah dari situs resminya.

Oke begitulah sedikit tutorial cara install TeamViewer, mungkin nanti saya juga akan tulis sedikit cara install TeamViewer di Ubuntu, semoga bermanfaat terima kasih.

Leave a Comment