Egan Seorang Muslim, Blogger pemula, main DoTA, ga suka coffee. Suka menulis tentang tekno dan game. Saat ini ingin mengembangkan KomputerTips.com.

Buffering

buffering

Apa itu buffering? Masalah dengan video yang buffer terkadang bisa membuat kita frustasi dan menjadi salah satu momen paling mengganggu, apalagi pas lagi urgent. Meskipun Internet yang kita punya cepat, hal ini masih terjadi, kenapa ya?

Buffer atau data buffer, adalah bagian dari storage yang berguna untuk menyimpan data secara temporary atau sementara disaat data tersebut dipindahkan ke tempat lain. Tapi, apa yang menjadi penyebab buffer?

 

Penyebab Buffer

youtube buffering

Ada beberapa penyebab dan cara untuk mencegah buffer nantinya, mungkin masalah jaringan, mungkin masalah router, bisa juga background process atau mungkin malware yang malah membahayakan komputer kalian.

1. Koneksi Internet Bermasalah

penyebab youtube ngelag

Koneksi Internet yang cepat belum tentu stabil, maksud dari konteks internet bermasalah disini bisa jadi Ping, DNS, masalah dengan router / modem kalian, atau bisa jadi memang website tersebut memang sedang down.

Seperti yang kalian tau, situs besar yang kalian akses apapun itu memerlukan server yang besar juga. Kalian mungkin juga pastinya pernah dengar baik itu YouTube, Facebook, Whatsapp atau yang lainnya sedang down.

Bisa jadi, Internet yang kalian gunakan hanya bermasalah di satu komputer sedangkan komputer lain yang ada di jaringan yang sama tidak? nah ini beberapa masalah klasik yang mungkin sering kalian temui.

Jika kalian menggunakan WiFi, jarak juga menentukan kualitas Internet kalian. Semakin kuat sinyal yang gadget yang kalian dapat, semakin baik kualitasnya, itupun kalau memang Internet kalian cepat.

 

2. Background Process Menggunakan Internet

penyebab buffer

Mungkin ga semua teman-teman di sini tau jika di luar sana banyak aplikasi yang melakukan aktivitas di belakang layar atau background process. Contoh saja aplikasi Steam, Steam adalah platform yang digunakan untuk membeli dan memainkan game.

Selain Steam, ada juga aplikasi yang menggunakan Internet saat komputer aktif, bahkan daftar services di services.msc juga menggunakan Internet, misal BITS atau Background Intelligent Transfer Service.

Ciri-cirinya mudah dilihat, ketika kalian sedang menggunakan komputer, terkadang koneksi menjadi lelet / sangat lelet tetapi hanya sesaat (tergantung speed Internet).

 

3. Aplikasi Melakukan Update

video lag bufffer

Kalau ini berbeda, setelah kalian meng-install aplikasi, mereka akan menawarkan untuk melakukan auto-update rutin secara berkala berdasarkan izin kita. Sayangnya, sedikit dari kita yang teliti dan main ok ok aja sehingga hal ini sering terjadi.

Untuk memastikan apakah aplikasi tersebut melakukan auto-update, biasanya kalian bisa mematikan fitur ini dari settingan aplikasinya. Tinggal buka, lalu cari tombol “setting atau preferences” dan cari bagian update.

Aplikasi yang menawarkan auto-update biasanya berkisar 10 mb hingga 200 mb (software editing bisa segini). Jadi saran admin, pas kalian lagi install software ya lebih hati-hati untuk memilih opsinya, entah itu file location atau lainnya.

 

4. Cache and Cookies

hapus buffer cache

Buffer cache dibuat di area memori Kernel dan sifatnya tidak digantikan / tidak pernah diganti. Meskipun buffering cache dianggap memakan memori, terutama resource I/O karena digunakan sebagai media transfer data.

Nanti, ketika user memproses informasi yang sama, sistem operasi akan mencari buffer cache data yang diminta, hal ini membuat kinerja transfer data lebih cepat dari sebelumnya. Itulah kenapa ketika cache dihapus, video akan dibuffer ulang.

 

5. Masalah Server

kenapa youtube buffering

Karena sebelumnya sudah disebut di penyebab pertama, beberapa situs memang terkadang bermasalah dan hingga down. Website ini-pun mungkin bisa sewaktu-waktu down ketika server sedang melakukan maintenance.

Selain YT, ada juga situs-situs streaming lainnya, terkadang short video / bahkan gif juga bisa buffering. Masalah server sudah pasti diluar kuasa kita sebagai pengakses situs, yang bisa kita lakukan tinggal menunggu dan mengecek situs secara berkala.

 

6. Resolusi Video Terlalu Tinggi

resolusi terlalu tinggi

Pengguna ISP dengan layanan 10 Mbps, ada baiknya menggunakan resolsui 480p – 720p saja. Resolusi video yang besar membuat file yang harus dibaca semakin besar. Itulah mengapa file dengan resolusi lebih tinggi memiliki ukuran lebih besar (film contohnya).

Film 720p juga membuat cache di storage kita lebih besar, jadi pertimbangkan juga sarana yang kita punya sebelum menggunakan. Solusinya, kecilkan video menjadi 480 / 360. Beberapa orang juga membuka YT untuk dengerin suaranya aja, jadi 144p juga ga masalah.

 

7. Menggunakan Internet Wire-less

youtube ngelag

Ini basic tapi kadang kita suka lupa kalau WiFi juga ada jaraknya, jika sinyal full maka ada kemungkinan ada orang yang lagi streaming juga atau malah lagi download makannya kamu bisa buffering.

Masalah ini harusnya bisa diatasi jika kalian lebih dekat ke router / modem kalian. Jika masalah ini masih berlanjut padahal kalian punya Internet yang 20 Mbps ++ , ga ada yang pakai kecuali kalian, mungkin ada masalah di komputer kalian / jaringan ISP.

 

8. Banyak Membuka Tab Video

buffer video youtube

Satu video yang buffer sampai full lebih baik daripada 5 tab video yang di-buffer secara bersama-sama. Daripada koneksi kalian terbagi untuk streaming di Video lain yang belum kalian tonton, kalian bisa memfokuskan Internet untuk 1 tab saja.

Well, bukan maksud admin mengajarkan, tapi hanya menyampaikan apa yang sudah guru-guru katakan. Buffering bukan masalah besar selama kita tau penyebab dan solusi yang bisa kita lakukan.

 

Solusi Buffering

Ada sebab ada akibat dan ada solusi untuk jalan keluar dari permasalahan. Beberapa solusi ini mungkin bisa berhasil dan mungkin juga tidak karena masalah teman-teman berbeda-beda pastinya.

1. Pastikan Jaringan Aman

buffering youtube

 

Ada banyak faktornya ya, mulai dari gunakan koneksi Internet jenis kabel agar koneksi stabil. Lalu coba untuk melakukan PING demi memastikan koneksi terhubung, lihat perangkat yang terhubung ke jaringan kalian.

2. Jangan Jauh dari Router

Masih solusi dasar yang kita tahu semua, semakin jauh dari koneksi WiFi tentu semakin sedikit sinyal yang kita dapat, otomatis speed Internet yang didapat juga sedapatnya.

3. Matikan Background & Startup Process

solusi buffer

 

Kalian bisa menggunakan Task Manager, atau aplikasi 3rd party semacam CCleaner untuk mengecek dan mematikan program yang bekerja saat startup, terutama yang menggunakan Internet.

4. Cek Proses yang Menggunakan Internet

video buffer

 

Caranya tinggal buka task manager, di bagian Process ada lihat di bagian Network, berapa persen yang sedang digunakan dan aplikasi apa yang menggunakannya. Kalau kalian terkena Malware, biasanya akan ada nama aplikasi aneh + menggunakan koneksi

Buffering adalah moment ketika video terus berhenti dan loading/memuat, hal ini sangat mengganggu. Umumnya masalah ini disebabkan karena koneksi jaringan Internet yang bermasalah atau lambat.

Avatar for Egan
Egan Seorang Muslim, Blogger pemula, main DoTA, ga suka coffee. Suka menulis tentang tekno dan game. Saat ini ingin mengembangkan KomputerTips.com.

Topologi Ring

Avatar for Egan Egan
2 min read

Topologi Star

Avatar for Egan Egan
2 min read

Topologi Bus

Avatar for Egan Egan
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *