Egan Seorang Muslim, Blogger pemula, main DoTA, ga suka coffee. Suka menulis tentang tekno dan game. Saat ini ingin mengembangkan KomputerTips.com.

Bagian Bagian Microsoft Word

bagian bagian microsoft word

Dilengkapi dengan banyak tab menu, bagian bagian Microsoft Word ini memiliki fungsi dan namanya masing-masing. Sebenarnya, program pengolah kata ini sangat mudah dipelajari selama bagian-bagian ini bisa kita kenali.

Bagian-bagian Microsoft Word hampir semuanya tersusun rapih di tempat yang bernama toolbar, masing-masing fungsinya memiliki icon yang menggambarkan kinerja fungsinya.

Sebelum kalian membaca lebih lanjut, admin mau ngasih tau dulu nih kalau screenshot ini diambil di Microsoft Word 2019, mungkin ada beberapa bagian yang tidak sesuai gambar tapi overall fungsinya sama.

 

1. Feedback & Share

feedback n share

Share:

Tombol share hanya ada 1, lokasi file untuk menyimpan di cloud bukan di komputer melainkan di onedrive, aplikasi berlogo biru yang ada saat kita menginstall Windows 10.

  • Tombol ini berguna untuk membagikan dokumen kepada orang-orang yang ingin kalian bagikan, awalnya kalian harus mengupload / menyimpan file ini di cloud.
  • Setelah itu, akan muncul tampilan untuk mengisi email orang-orang yang ingin kalian invite, sistem ini mirip dengan yang ada di Google Spreadsheet.

Feedback

Ada 3 tombol yang kalian bisa pilih setelah menekan tombol “Help Improve Office?”

  • I like something: Menginformasikan ke pusat bahwa ada fitur yang kita sukai, mungkin bisa ditingkatkan atau dipertahankan untuk tetap ada di versi terbaru nantinya.
  • I don’t like something: Menginformasikan ke pusat bahwa ada fitur yang kurang pas dengan kenyamanan, misalnya kalian menemukan ada fungsi yang tidak berguna, apalagi untuk orang yang sudah menggunakan shortcut, tombol paste, copy, bold. dll., mungkin terlihat mengganggu ya kan?
  • I have a suggestion: Fitur ini menggunakan internet, begitu kita klik tombolnya, otomatis layar browser akan terbuka dan menuju tempat kita untuk memberikan saran

2. Insertion Point

insertion point

Insertion Point adalah garis lurus vertikal yang berkedip (lihat gambar). Fungsinya adalah menandakan dimana lokasi kita akan muncul ketika diketik nantinya.

Insertion Point juga digunakan sebagai patokan ketika kita ingin memblok sebuah kata.

3. Quick Access

quickaccess

Seperti namanya, Quick Access memberikan bantuan kepada penggunanya dengan menampilkan tombol-tombol yang biasanya “paling sering” digunakan.

Dari mana data ini di dapatkan? ya ketika user mengizinkan sebuah aplikasi untuk mengirimkan user experience report.

Tombol Quick Access biasanya meliputi open, save, new, undo, print / quick print, redo, dan tombol lainnya.

4. Ribbon Options

ribbon option

Di Word 2019, toolbar dikenal dengan sebutan Ribbon, ribbon memiliki beberapa tabs, tabs berisi beberapa command.

  • Auto-hide Ribbon, maksudnya adalah otomatis menyembunyikan Ribbon ketika kita fokus untuk mengetik dokumen
  • Show Tabs, artinya menunjukkan Ribbon namun hanya tabs nya saja.
  • Show Tabs and Command, artinya menampilkan tabs dan command secara utuh.

5. Tabs & Command

tabs n command

Tabs merupakan bagian Ribbon, Command tersusun rapih di dalam Tabs. Anggap saja Tabs ini kategori dan command ini adalah isi dari kategorinya.

  • Tabs berfungsi untuk memilah dan memilih command apa yang masih tergolong kategori tersebut, misalnya Bold, Italic, dan Underline ditampilkan di Home sedangkan Table ada di Insert (masukkan > tabel).
  • Command merupakan perintah-perintah yang ada di bawah naungan Tabs. Termasuk apa yang kalian lihat di atas ini.

6. Ruler

ruler

Dari bagian bagian Microsoft Word di atas, penggaris atau ruler sudah ada sejak lama dan membantu pengguna dalam melakukan pekerjaan. Anak kuliahan pasti menggunakan fitur ini untuk mengatur margin kertas, Margin 4433 misalnya.

7. Scroll Bar

scroll bar

Garis lurus yang muncul ketika kita melakukan scrolling ke bawah atau ke samping ini berfungsi sebagai penanda seberapa panjang sebuah dokumen dengan masing-masing ujung sebagai awal dan akhir.

8. Search

search

Search adalah fitur yang digunakan ketika user ingin menggunakan beberapa command atau mencari bantuan melalui Help. Selain itu search juga bisa digunakan untuk browsing melalui Smart Lookup, hasil pencarian akan muncul di sebelah kanan.

9. Status Bar

status bar

Status Bar, di sini kita bisa melihat informasi yang berhubungan dengan dokumen yang sedang kita kerjakan, pada gambar di atas kita bisa mengetahui bahwa jumlah halaman adalah 1 dan kita berada di posisi halaman tersebut.

Jumlah kata yang ada di dalam dokumen (saat ini) adalah 2, spelling yang digunakan adalah English (jadi kalau kita ketik bahasa Indo, auto garis merah).

10. Title Bar

title bar

Seperti namanya, Title Bar merupakan bagian yang menunjukkan nama dari dokumen yang sedang dibuka. Title Bar sangat berguna ketika kita membuat banyak backup dan namanya sama, misal: skripsi oke banget, skripsi yang ini, skripsi yang ini deh fix atau semacamnya.

11. Worksheet

worksheet

Terakhir adalah lembar kerja tau worksheet atau kertas kerja. Berbeda dengan bagian bagian Microsoft Word sebelumnya, di sini awal cerita kalian dimuat, di kertas ini juga awal dari tugas kalian, surat lamaran, dan penentuan nasib skripsi kita dibuat.

Avatar for Egan
Egan Seorang Muslim, Blogger pemula, main DoTA, ga suka coffee. Suka menulis tentang tekno dan game. Saat ini ingin mengembangkan KomputerTips.com.

Topologi Ring

Avatar for Egan Egan
2 min read

Topologi Star

Avatar for Egan Egan
2 min read

Topologi Bus

Avatar for Egan Egan
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *