Arti Overload

arti overload

Advertisement

Paket yang tidak kunjung sampai bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah overload tapi belum banyak yang tau apa itu arti overload?

Overload adalah istilah yang memiliki arti berupa keadaan dimana jasa pengiriman (delivery service) melebihi kapasitas maksimal untuk mengirim barang.

Jasa pengiriman apa saja yang bisa overload? apa saja, katakanlah JNE, TIKI, SiCepat atau JNT atau apapun itu, ada kemungkinan terjadi overload.

Disclaimer: Artikel ini hanya menjelaskan pengertian dari kata “overload” pada jasa pengiriman, bukan bermaksud menjelekkan atau menyindir pihak manapun


Mengapa Overload bisa terjadi?

kantor jne jnt overload
kantor jne overload | gambar:Eleandra

Mudahnya, arti overload adalah keadaan dimana pihak ekspedisi tak bisa mengirim semua barang karena media sudah kepenuhan. Ibarat bensin yang Full, kalau dipaksa isi akan tumpah kan?

Lalu, waktu apa saja yang memungkinkan jasa pengiriman atau ekspedisi bisa mengalami overload?. Tentunya kapan saja, tapi kemungkinan saat hari-hari atau momen besar tertentu.

Berapa lama kira-kira barang-barang ini akan terkirim? tentu jawabannya hanya pihak ekspedisi yang mengetahui, seperti yang bisa kalian lihat pada gambar gambar di artikel ini, begitulah suasana kantornya, jadi bersabarlah.

 

Cara menghindari pengiriman overload

Menghindari overload sebenarnya diluar kita sebagai pembeli maupun penjual, ada beberapa tips yang bisa kalian pertimbangkan sebelum membeli barang secara online agar terhindar dari masalah ini

  1. Jangan beli barang saat dekat waktu liburan.
  2. Pilih jasa pengiriman yang jarang digunakan.
  3. Hindari hari besar tertentu.
  4. Lihat akun sosial media jasa pengiriman.
  5. Opsional – Hindari harbolnas dan promo gede-gedean.
  6. Opsional – Gunakan pengiriman ojek online (kota tertentu).

Diskon harbolnas, tahun baru, diskon perayaan hari-hari besar tentu sangat menggiurkan, tapi coba pikir lagi apa memang kalian perlu atau cuma kepuasan ego?.

Opsional memang tak harus bisa kalian lakukan, lagipula barang overload belum tentu efek ke pengiriman kalian. Katakanlah, kalian beli 2 keyboard gaming.

Saat memesan, ada informasi overload. Ada kemungkinan 1 keyboard kalian akan telat, atau 2 2nya telat, atau 2 2nya tepat waktu sampai rumah kalian.

Advertisement

 

Barang saya kena overload, gimana ya?

Oke, karena kebanyakan kita baru tau keadaan pengiriman barang setelah barang mau dikirim, kalian bisa coba menghubungi pihak JNE.

Note: Salah satu penyebab overload bukan dikarenakan kesalahan pihak ekspedisi yang lamban pengerjaannya melainkan terlalu banyak barang yang akan dikirim & pendataan yang harus diinput.

Ingat, komunikasi baik & lancar dua arah mempermudah kalian menyelesaikan masalah dan memberikan kenyamanan customer care membantu kalian.

Ini contact yang bisa kalian hubungi untuk mencari informasi:

JNE

Advertisement

Daftar Kontak JNE
Call center(021) 2927 8888
Twitterhttps://twitter.com/JNE_ID
Facebookhttps://www.facebook.com/JNEPusat/
YouTubehttps://www.youtube.com/user/JNEPROMO
Instagramhttps://www.instagram.com/jne_id/

JNT

Daftar kontak JNT
Call center021-8066-1888
Twitterhttps://twitter.com/jntexpressid
Facebookhttps://www.facebook.com/J&T Express Indonesia/
YouTubehttps://www.youtube.com/channel/UCdL3-euNvJhMMBvEVVBg5pA
IGhttps://www.instagram.com/jne_id/

SiCepat

Daftar kontak SiCepat
Call center021-5020-0050
Twitterhttps://twitter.com/sicepat_ekspres
Facebookhttps://www.facebook.com/sicepatekspresofficial/
YouTubehttps://www.youtube.com/channel/UC9DIPyaNoShFJ5oKsrv7AVg
IGhttps://www.instagram.com/sicepat_ekspres

TIKI

Daftar kontak SiCepat
Call center021-5020-0050
Twitterhttps://twitter.com/idtiki
Facebookhttps://www.facebook.com/tiki.id/
YouTubehttps://www.youtube.com/channel/UCmcmAfjbPmxKip9KRNrT8cg
IGhttps://www.instagram.com/tiki_id

Selain overload, barang hilang dan salah alamat menjadi masalah umum yang sering terjadi saat kita bertransaksi e-commerce.

Sayangnya, pembeli kurang wawasan dan terkadang penjual kurang ramah untuk menginformasikan, itulah kenapa jika disurvey, kebanyakan pembeli di e-commerce bukan generasi x.

 

Dari penerjemahan bahasa Inggris, overload memiliki arti beban yang terlalu berat, muatan melebihi kekuatan atau muatan melewati batas.

Apabila muatan overload terus dipaksakan, tentunya bukan sekadar menyalahi aturan tetapi juga membahayakan pengemudi dan pengendara jalan lainnya


komputertips.com

Baca juga:

Apa itu SSHD

Nugroho
1 min read

GUI

Nugroho
1 min read

Cara Kerja DNS

Nugroho
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *