Aplikasi Sketsa Foto

Advertisement

Meskipun jarang, membuat sesuatu seperti sketsa, kartun atau efek lukisan dari sekedar foto bisa terbantu dengan aplikasi.

Karena zaman sudah modern, aplikasi untuk membuat sketsa foto pun bukanlah hal yang sulit, cuma hasilnya sesuai keinginan kita ga ya?

Advertisement

Di artikel ini kalian akan melihat beberapa aplikasi untuk mengedit efek sketsa pada foto, semoga cocok ya.

 


11 Aplikasi Untuk Mengubah Foto jadi Sketsa

Note: Artikel ini cukup panjang dan di buat pada tahun 2020, lihat daftar isi (ringkasan) untuk langsung mengetahui nama-nama aplikasinya.

1. Artomaton

aplikasi sketsa - 1 artomaton

Platform: iOS

Step yang perlu kalian lakukan cukup menyiapkan gambarnya, buka gambar dengan artomaton dan memilih resolusi ukuran, maksimal 4096px.

Aplikasi ini cocok untuk kalian yang suka bermain Instagram dan ingin menarik perhatian followers, karena Instagram juga menjaga resolusi foto.

Setelah filter digunakan, kalian tinggal sedikit men-tweak gambar kalian agar lebih natural, tebal garis, stroke, dll.

2. Becasso

aplikasi sketsa - 2 becasso

Platform: iOS

Becasso adalah drawing app yang hanya tersedia di iPhone, entah algoritma apa yang digunakan tapi gambar yang dibuat bisa berubah menjadi seni yang keren.

Selain itu, ada juga efek yang membuat gambar seakan muncul (seperti emboss). Saat artikel ini dibuat, ada 3 area untuk menggunakan aplikasi ini.

Efek yang ditawarkan bisa untuk mengubah seakan menjadi lukisan cat air, kartun atau cat minyak, plus ada juga kok paintbrush toolnya.

3. Brushstroke

aplikasi sketsa - 3 brushstroke

Platform: iOS

Brushstroke, kalai di ganti ke Indonesia menjadi sapuan kuas, entah kenapa ada beberapa bahasa Inggris yang memang lebih baik tidak diganti.

Apa bagusnya? bagusnya adalah Brushstroke memiliki print canvas yang sudah built-in di dalam aplikasinya.

Aplikasi iPhone ini memang bukan untuk membuat sketsa atau memberi efek outlines tapi  merubah foto.

Ada banyak gaya lukis, color palettes dan canvas yang bisa kalian gunakan. Garis dengan efek pensil membuat foto kalian terlihat seperti gambar tangan.

4. Clip2Comic

aplikasi sketsa - 4 clip2comic

Platform: iOS & Android

Aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat karikatur orang, interfacenya sederhana alias simple dan bisa digunakan di Android.

Saat membuka aplikasi, akan ada tampilan library yang isinya foto-foto kalian, pilih gambar yang kalian ingin edit dan tinggal ikuti petunjuknya.

Dibanding aplikasi lainnya, untuk membuat efek kartun Clip2Comic mungkin rekomendasi aplikasi sketsa foto yang paling direkomendasikan.

5. Enlight Photofox

aplikasi sketsa - 5 photofox

Platform: iOS & Android

Advertisement

Sebuah drawing app yang cocok untuk kalian yang menginginkan efek fotografi yang simpel dan editannya kelihatan halus.

Seperti aplikasi editing lainnya, Enlight Photofox juga mengubah gambar kalian menjadi gambar dengan efek gambar.

Fitur efek yang diberikan di aplikasi ini beragam, filter, koreksi warna, efek artistik (seperti lukisan) dan lainnya ada di aplikasi ini.

6. Imaengine Vector

aplikasi sketsa - 6 imaengine

Platform: iOS & Android

Seperti namanya, aplikasi ini menciptakan bentuk vektor / geometric shape dari foto yang kalian inginkan.

Jadi, kalau kalian kurang puas atau memang tidak bisa menggunakan aplikasi editing pc seperti photoshop misalnya, imaengine vector mungkin bisa jadi alternatif.

Ada beberapa filter yang bisa diterapkan pada gambar seperti pensil, pop art dan plastik. Dan penyesuaian warna, detail dan strokenya bisa kalian atur di aplikasi ini.

7. Painnt

aplikasi sketsa - 7 painnt

Platform: iOS & Android

Aplikasi yang tersedia di Iphone ini memiliki lebih dari 2000 filter yang bisa digunakan untuk mengubah tampilan foto kalian, portrait maupun landscape.

Ada lebih dari 90 filter dengan efek sketsa dan membuat gambar terlihat seperti gambar pensil. Tinggal scroll efek yang kalian mau dan pilih, selesai.

Advertisement

Tapi, ada kelemahan di aplikasi ini yaitu membutuhkan koneksi internet dan tidak semua filter alias efek bisa digunakan secara gratis.

8. Photolab

aplikasi sketsa - 8 photolab

Platform: iOS & Android

Tersedia untuk perangkat Android & Iphone, cukup ideal karena ada banyak filter yang bisa digunakan termasuk sketsa lukisan dan gambar cat air.

Selain ada filter semacam pelukis, ada juga opsi untuk memberikan frame & border di gambar kalian.

Ketika membuka aplikasi, kalian cukup memilih gambar yang ingin di edit dan memilih efek dari kategori yang sudah disediakan.

Tentunya edit standar seperti crop, rotate atau mengatur posisi gambar tetap bisa dilakukan kok.

9. Prisma

aplikasi sketsa - 9 prisma

Platform: iOS & Android

Filter yang ditawarkan aplikasi Prisma ini mungkin agak sedikit berbeda dengan kebanyakan aplikasi foto lainnya, tapi tetap tujuannya 1 yaitu mengedit gambar.

Nuansa yang diberikan dari hasil filter ini seperti lukisan Van Gogh yang bisa kalian lihat di Chalkzone. Cukup buka aplikasinya, pilih filter, tunggu prosesnya.

Beberapa efek sketsa di aplikasi ini juga harus kalian sesuaikan dengan gambar kalian loh, intensitas cahaya pengambilan gambar, dll.

Hanya saja, kelemahan aplikasi ini adalah tidak bisa menyimpan gambar dengan resolusi besar, jadi cukup bete untuk kalian yang ga suka ukuran gambar kecil

10. Waterlogue

aplikasi sketsa - 10 waterlogue

Platform: iOS & Android

Suka dengan efek cat air? mungkin kalian juga cocok dengan aplikasi Water~lo~gue ini, namanya mudah diingat karena memang unik.

Sebagian aplikasi mungkin akan mengedit gambar yang sudah ada, tapi waterlogue melakukan rekonstruksi ulang gambar.

Hasil filter juga cukup bagus dan untuk beberapa hasil foto juga terlihat seperti real lukisan cat air, bukan dari foto yang diedit.

11. iColorama S

aplikasi sketsa - 11 icolorama

Platform: iOS & Android

Namanya terkesan profesional dan agak rumit, biasanya nama rumit hasilnya juga bagus dan nyatanya memang begitu, iColorama mampu menjaga resolusi foto tetap baik.

Tinggal lihat kategori filter sketsa foto yang kalian inginkan di menu Style dan pilih seberapa tinggi Opacity filter tersebut di gambar kalian.

Sangat disarankan untuk menggunakan gambar beresolusi besar karena nanti kalian bisa mengekspor gambar dari aplikasi ini juga.

Gimana menurut kalian? artikel rekomendasi ini berhasil dibuat dengan bantuan riset dari situs expertphotography.com


komputertips.com

Baca juga:

Leave a Comment