Aplikasi Screen Recording

aplikasi screen recording

Era streaming is coming, sebentar lagi mulai marak orang-orang yang mengklaim dirinya gamer dengan dengan modal screen record seadanya plus yang penting ngomong, dan aplikasi screen recording membantu merekam.

Tapi memang di zaman modern kalau kita tidak mengikuti arus perkembangan, pasti akan ketinggalan dan ga mungkin kalian mau kan?

Coba gunakan rekomendasi aplikasi screen recording di bawah ini, siapa tau memang kalian berbakat jadi streamer?


1. Screen-O-Matic

aplikasi recording - 1. screen o matic

Screen-O-Matic merupakan salah satu aplikasi freeware yang menawarkan fitur premium. Kalian bisa merekam full screen record dan bisa merekam suara sekaligus, baik itu video dari webcam ataupun screen dan mic.

Tentunya karena ada fitur premiumnya, versi gratis dari Screen-O-Matic memiliki batasan waktu dalam merekam. Aplikasinya, dapatkan di situs official screen-o-matic. Kalian akan mendapat jatah 15 menit record, full 1080p record + suara dari mic narrator.


2. DVDVideoSoft’s

aplikasi recording - 2. DVDVideoSoft

Mirip dengan Screen-O-Matic, enaknya kalian tidak memiliki waktu limit atau untuk melakukan record, tapi kekurangannya karena ini free maka akan ada watermark besar di tengah video bertuliskan DVDVideoSoft.

Aplikasi ini memungkinkan kita untuk merekam layar bahkan jika kalian memiliki 2 layar sekaligus, jangan lupa untuk mensetting mic kalian, jika tidak maka mic akan terdengar seperti berdengung.


3. CamStudio

aplikasi recording - 3. CamStudio

Aplikasi ini free, tetapi ada beberapa hal minus yang mungkin kalian tidak suka, pertama jika kalian mendownload dari situsnya kalian akan ditawarkan untuk menginstall ekstensi. Kalian juga harus setting fps record sebelum merekam.

Kedua saat menginstall aplikasinya kalian juga akan menerima tawaran untuk menginstall aplikasi 3rd party lainnya. Terakhir, saat aplikasinya selesai di-install kalian juga masih ditawari untuk menginstall aplikasi 3rd party.

Tetapi aplikasi ini juga memiliki fitur yang lebih baik dibanding aplikasi screen recorder lainnya. Free, full record 1080p bisa 60fps, bersih dan sangat smooth. Cursornya juga bisa diberikan highlight sehingga pasti mudah dilihat.


4. Ezvid

aplikasi recording - 4. Ezvid

EzVid menawarkan 3 jenis versi, pertama Ezvid Wiki, Ezvid Wiki Maker, dan Ezvid for Windows. Disaat aplikasi recording lain memiliki size kecil, Ezvid memiliki ukuran hingga 150MB, tentunya kurang buat kalian yang punya space kecil tidak disarankan.

Aplikasi ini full benar-benar free version, dan tidak ada versi berbayarnya (saat artikel ini dibuat). Tapi kalian bisa mensupport developernya dengan memberikan donasi, well siapa tau kalian memang sangat baik?


5. IceCream Screen Recorder

aplikasi recording - 5. Icecream Recorder

Seperti Screen-o-Matic, icecream juga aplikasi rekam suara sekaligus video yang memiliki batasan durasi untuk merekam video, ya bukan salah mereka karena memang kualitas dari aplikasi yang ditawarkan juga setimpal dengan harganya.

Sayangnya pengguna free seperti kita ini hanya bisa menikmati kualitas video WebM, untuk format ekstensi di atas seperti Mp4, dll. kita harus mengupgrade aplikasi menjadi versi pro dulu.

Review kami pribadi, aplikasinya sudah sangat bagus, tampilannya newbie-friendly dan kelebihannya kita bisa menentukan screen mana yang mau di-record (kalau kalian menggunakan 2 monitor), lalu bisa juga me-record daerah tertentu saja.


6. iSpring Free Cam

aplikasi recording - 6. iSpring Free Cam

Aplikasi ini sebenarnya bagus, tapi entah kenapa situs ini mengharuskan kita mengisi email terlebih dahulu sebelum men-downloadnya, itulah kekurangannya karena kita harus semacam berlangganan email terlebih dulu.

Aplikasi ini mengizinkan kita daerah mana saja yang ingin direkam, tetapi hasil rekamannya hanya berupa WMV saja. Untuk kualitas mungkin belum smooth 60fps seperti CamStudio, tapi cukup untuk sekedar video tutorial pendek.

Kesimpulan

Apapun aplikasi screen recording yang kalian gunakan, merekam aktivitas di komputer merupakan kegiatan yang biasanya dilakukan oleh guru, pendidik, gamer, blogger dan juga vlogger. Jika kalian salah satunya, mungkin melakukan hal ini akan mudah

Dari semua aplikasi, saya pribadi menyarankan untuk menggunakan CamStudio, setelah itu Ezvid dan yang terakhir adalah Screen-o-Matic, terlepas dari berapa besarpun nama aplikasinya tetap kualitas yang kita rekomendasi.

Overall, aplikasinya worth untuk dicoba jika kalian punya waktu luang, mungkin selera kita berbeda, karena saat artikel ini dibuat, daftar aplikasi di atas sifatnya masih free.

Aplikasi Ojek Online

Egan
3 min read

Aplikasi Text Editor

Egan
4 min read

Browser Ringan

Egan
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.