Aplikasi Komputer untuk Administrasi Keuangan

Aplikasi komputer untuk administrasi keuangan – Di zaman yang serba canggih ini, penerapan Software untuk menopang kinerja dalam kehidupan sehari-hari seakan sudah menjadi kewajiban yang “wajib” dimiliki perusahaan, baik besar atau-pun kecil.

Fungsi aplikasi komputer untuk administrasi keuangan ini biasanya meliputi pembukuan, laporan keuangan, menyusun daftar gaji, membuat laporan pemasukan dan pengeluaran, perhitungan laba & rugi, pembuatan jurnal, dll. yang tentunya sangat menyita waktu jika dilakukan secara manual.

Aplikasi komputer untuk administrasi keuangan
Kumpulan aplikasi komputer untuk administrasi keuangan

Tingkat pemahaman orang yang berbeda-beda dan kenyamanan dalam menggunakan aplikasi juga sangat berpengaruh dengan hasil kerjanya, oleh karena itu saya pribadi tidak membatasi orang yang membantu saya untuk menggunakan aplikasi tertentu saja.

 

Daftar Aplikasi Administrasi Keuangan

Dikarenakan banyaknya aplikasi/software yang berkembang, saya pribadi dan mungkin anda juga mengalami kesulitan yang sama. Selain itu, cara menjalankan aplikasi komputer untuk administrasi keuangan juga tidak terlalu sulit.

 

Berikut beberapa aplikasi komputer untuk administrasi keuangan beserta keterangannya:

1. Accurate Accounting Software

Official Site: Accurate Software

Aplikasi Administrasi Keuangan Accurate accounting software
Tampilan Accurate accounting software

Accurate Accounting adalah salah satu aplikasi karya bangsa Indonesia asli yang dikembangkan oleh PT Cipta Piranti Sejahtera pada awal 2000. Di situs resmi Accurate, ada 2 aplikasi dengan nama yang hampir sama, yakni Accurate 5 Desktop dan Accurate Online

Software Accurate sangat cocok untuk pengguna pemilik UKM karena perangkat lunak ini terlihat mudah dan praktis, selain itu kualitas hasil dari pengerjaan Software-nya juga lokal yang tentunya sesuai standar yang ada di Indonesia.

 

2. Bee Accounting

Official Site: Bee Accounting

Aplikasi Administrasi Keuangan Bee Accounting
Tampilan Bee Accounting

Layaknya Accurate Accounting, Bee Accounting juga merupakan karya anak bangsa yang bertujuan membantu proses pembukuan akuntansi secara mudah, akurat & untung.

Penggunaan aplikasi ini luas dan tidak dibatasi baik yang muda atau-pun tua, baik yang awam atau-pun yang sudah expert dalam dunia perakuntansian. Kerennya lagi, situs resminya juga menyediakan Software Akuntansi Gratis BeeUKM series yang bisa kalian cek di situs resminya langsung.

 

3. Express Invoice

Official Site: Express Invoice

Aplikasi Administrasi Keuangan Express Invoice
Tampilan Express Invoice

Express Invoice adalah salah satu aplikasi akuntansi yang membantu kita dalam pembuatan Invoice (bukti pembayaran/pemesanan) yang bisa kalian print, e-email atau fax secara langsung ke client untuk mempercepat proses pembayaran.

Tampilan Express Invoice sendiri sudah sangatlah nyaman, selain itu kita juga mendownload-nya secara gratis di situs resmi NCHSoftware atau bisa juga membeli produk ini untuk menikmati fitur-fitur tambahan yang dapat membantu meningkatkan pemasukan.

 

4. Ez Trackmoney

Official Site: Ez TrackMoney

Aplikasi Administrasi Keuangan Ez trackmoney
Tampilan Ez trackmoney

EZ TrackMoney juga merupakan aplikasi buatan dalam Negeri yang notabene-nya dipergunakan untuk mengelola keuangan pribadi atau-pun keluarga. Dengan menggunakan aplikasi ini, kita bisa mencatat pemasukan, pengeluaran, hutan, pembayaran aset dan lainnya.

Dari segi tampilan juga Ez TrackMoney terlihat mudah untuk digunakan. Jangan khawatir karena aplikasi ini kompatibel dengan semua jenis Windows baik itu, 32 bit atau-pun 64 bit.

 

5. Freshbooks

Official Site: FreshBook

Aplikasi Administrasi Keuangan freshbooks
Tampilan freshbooks

FreshBook adalah salah satu solusi bagi kalian yang membutuhkan bantuan dengan template Invoice untuk usaha kalian. Selain itu, Freshbook juga membantu kita dengan adanya fitur Time Tracking.

Salah satu keunggulan aplikasi komputer untuk administrasi keuangan ini dengan yang lainnya adalah adanya fitur pembayaran Online yang semakin mempermudah transaksi. Tentunya aplikasi ini tidaklah gratis dengan segelintir fitur premium yang ditawarkan, tapi kalian bisa mencoba Trial melalui situs resminya.

 

6. Gnucash

Official Site: GnuCash

Aplikasi Administrasi Keuangan Gnucash
Tampilan Gnucash

GnuCash adalah salah satu aplikasi komputer untuk administrasi keuangan yang masih banyak digunakan dikarenakan sistem pembukuan double-entry yang membantu banyak usaha-usaha besar. Selain itu, GnuCash juga memiliki fitur yang cocok untuk akuntansi bisnis kecil/berkembang.

GnuCash bisa kalian gunakan sebagai aplikasi pengelola keuangan pribadi atau sekedar menghitung pemasukan usaha kecil-kecilan. Meskipun tampilan-nya terlihat sederhana, GnuCash ternyata memiliki nilai akuntansi yang benar dan akurat

Salah satu fitur yang sangat disenangi penggunanya adalah fitur double-entry yang dapat digunakan dengan mengimpor dari file ber-ekstensi Quicken (UiF/QFX) dan juga bisa dijalankan baik di OS Windows, MAC OS, Linux dan juga disertai Source-Code di situs resminya.

 

7. Grisbi Finance Manager

Official Site: Grisbi

Aplikasi Administrasi Keuangan Grisbi Finance Manager
Tampilan Grisbi Finance Manager

Aplikasi yang memiliki logo penguin ini sudah sangat lama ada dan sudah memiliki banyak pengguna. Grisbi merupakan salah satu alternatif jika kalian ingin mencoba-coba aplikasi komputer untuk administrasi keuangan versi luar.

Grisbi juga salah satu software untuk accounting yang gratis dan bisa kalian download langsung via situs resmi atau mengeceknya di GitHub. Grisbi Finance Manager juga tersedia untuk Windows, Mac dan Linux.

 

8. Inesoft Cash Organizer

Official Site: Cash Organizer

Aplikasi Administrasi Keuangan Inesoft Cash Organizer
Tampilan Inesoft Cash Organizer

Cash Organizer hanyalah salah satu produk dari Inesoft yang sangat digemari pengguna dari berbagai belahan dunia. Tampilannya yang nyaman di mata disertai grafik bar yang memudahkan kita untuk membaca data.

Meskipun aplikasi Cash Organizer ini tidak bersifat free, kalian masih bisa mencoba fitur premium dengan menggunakan aplikasi Trial. Selain ada versi Windows, Inesoft Cash Organizer juga tersedia di Mac OS dan Android.

 

9. Microsoft Office Accounting Express (MOAE)

Official Site: Microsoft Office Accounting

Aplikasi Administrasi Keuangan Microsoft Office Accounting Express 2009
Tampilan Microsoft Office Accounting Express 2009

Salah satu produk Microsoft yang cukup berjaya di masanya. Microsoft Office Accounting tadinya dikenal dengan Small Business Accounting yang terus berkembang hingga akhirnya produk tersebut menjadi salah satu produk discontinued Microsoft.

Microsoft Office Accounting tersedia dalam 2 versi, yaitu Express dan Professional Edition. Aplikasi ini sangat diminati oleh para penggunanya sejak tahun 2009, meskipun akhirnya produk ini harus berhenti dikembangkan oleh mereka.

Meskipun produk ini sudah discontinued, kita masih bisa mendownload-nya melalui situs resmi microsoft atau situs 3rd party, seperti SoftPedia, Soft32 dan situs lainnya. Office Accounting juga dikenal sangat ramah untuk pemula.

 

10. Money Manager Ex

Official Site: Money Manager EX

Aplikasi Administrasi Keuangan Money Manager EX
Tampilan Money Manager EX

Money Manager juga salah satu aplikasi pendukung perhitungan akuntansi di komputer. Software ini free, open-source dan juga mudah untuk dipelajari oleh pemula yang menggunakannya dengan tujuan pribadi.

Money Manager juga dilengkapi dengan banyak fitur dan aplikasinya juga sudah di desain sangat user-friendly jadi kalian tidak akan bingung mencari tombol. Di situs resminya, kalian bisa mendownload aplikasi ini untuk OS Windows, Linux ataupun Mac OS.

Selain itu, Money Manager EX juga salah satu aplikasi yang sudah masuk ke dunia Android, kalian bisa mendownload-nya secara gratis juga di Google PlayStore. Jika sobat tertarik dengan aplikasi seperti ini, silahkan request artikelnya dan mungkin akan dibuatkan part II nya, terima kasih.

 

Manfaat Aplikasi Komputer untuk Administrasi Keuangan

Memang benar tak bisa kita hindari, terbatasnya waktu dan tenaga disertai tugas dan angka yang terus berdatangan malah membuat kita semakin kesulitan yang pada akhirnya membuat kerja kita tidak maksimal.

Dengan adanya beberapa software pendukung administrasi keuangan seperti di atas, setidaknya memudahkan kita untuk melakukan penghitungan dan input data. Selain itu, memanfaatkan teknologi juga merupakan hal yang diperlukan oleh pemilik UKM.

Dengan melakukan semuanya secara manual dan sendiri mungkin kita bisa menghemat ratusan ribu rupiah, tetapi kita akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pemasukan jutaan rupiah.

Categories Artikel

Leave a Comment