Apa itu VPN

apa itu vpn

Apa itu VPN? VPN merupakan singkatan dari Virtual Private Network.

Dalam bahasa Indonesia, VPN bisa diartikan menjadi jaringan virtual pribadi, pribadi di sini maksudnya adalah sifat jaringannya.

Pastinya kalian sering bilang ke teman kalian pas situs tertentu diblokir untuk make VPN ini, beberapa waktu lalu misalnya semasa tumblr diblock.

Nah dengan adanya fitur dari VPN inilah kalian bisa mengakses situs tersebut, tapi bagaimana jelasnya berikut sedikit penjelasannya.

 

Pengertian VPN

pengertian vpn

VPN adalah sebuah jaringan khusus atau private yang dapat diakses melalui koneksi publik.

Mudahnya semacam sebuah jalur khusus yang ditempatkan di-sebuah publik dan bisa dilalui data yang ingin kita kirim / akses.

Jika diartikan dari segi bahasa, terdapat 2 macam kata dari VPN, yaitu Virtual Network dan juga Private.

Artinya koneksi ini bersifat pribadi, rahasia dan seharusnya dijamin keamanannya dan juga berwujud virtual atau maya.

Jika digambarkan, Internet ini merupakan sebuah lautan dalam yang banyak sekali isinya (konten) dan kita yang sedang menggunakan VPN seakan melewati tunnel khusus.

Jadi keberadaan kita tetap terjaga meskipun kita berada di jaringan publik.

 

Cara Kerja VPN

cara kerja vpn

Singkatnya, sebuah VPN akan membuat sebuah jalur khusus (tunnel) yang pastinya aman dan menggunakan protokol yang paling kuat.

IP Address yang digunakan akan disembunyikan di balik salah satu IP, melakukan enkripsi komunikasi yang kita gunakan dan memberikan kita akses bebas secara anonim.

Tapi, secara sistematisnya adalah sebagai berikut:

  1. Server VPN yang berfungsi sebagai penghubung antar komputer, akan membuat sebuah jalur (tunnel) menggunakan aplikasi atau hardware yang disebut router.
  2. Pengguna VPN akan melakukan kontak dengan server menggunakan username dan password, jika benar nantinya akan terjadi sinkronisasi. Server VPN akan memberikan IP Address baru dan koneksi baru akan terbentuk.
  3. Setelah terbentuknya sebuah koneksi melalui tunnel yang aman, barulah kita bisa bebas melakukan hal seperti melakukan remote desktop atau sekadar browsing.

VPN adalah salah satu cara terbaik untuk mengenkripsi sebuah paket data yang ingin kita kirimkan melalui internet, kenapa? karena paket-paket data ini mudah untuk disadap oleh orang yang mengerti lebih lanjut tentang networking.

 

Manfaat VPN

manfaat vpn

Apa kegunaan VPN?.

Tahukah kalian, ketika kita sedang menggunakan sebuah koneksi Wifi di tempat publik atau bersifat publik misalnya di Kafe, Restoran, Bandara, dll.. Secara tidak langsung menjadi sasaran empuk untuk di mata-matai?

Disinilah peran dari VPN untuk membukakan jalur-jalur aman untuk kita sebagai pengguna dalam mengakses internet sekaligus membuat kita tetap aman, menjaga privasi kita, dan juga berstatus anonim.

VPN merupakan salah satu cara membuka situs blokir yang ampuh. Biasanya ada beberapa poin yang harus kita perhatikan saat menggunakan sebuah jasa layanan VPN, seperti:

  • Privasi online terjamin
  • Akses streaming lancar
  • Kebebasan akses situs
  • Koneksi publik yang aman
  • Teknologi yang digunakan
  • Bandwidth dan kecepatan
  • Perangkat yang digunakan

Kenapa banyak yang harus diperhatikan? karena kualitas dari VPN itu sendiri memang mempengaruhi aktivitas kita saat menjelajahi internet. Misalnya, jika kita menggunakan VPN tetapi diletakkan di Belanda akan jauh lebih lambat dibandingkan kita diletakkan di Singapura.

Beberapa hal penting seperti mengakses email, melakukan transaksi perbankan, melakukan transaksi jual beli online, mengunjungi situs terblokir dan lainnya, tidak dapat dilihat oleh siapapun termasuk ISP.

 

Pentingnya Menjaga Data

Perkembangan dunia internet yang diimbangi dengan berbagai pelanggaran online juga menjadi sebuah perhatian yang cukup pemerintah terhadap penggunaan internet di negara masing-masing, karena segala sesuatu yang bersifat online lebih mudah dan cepat terekspos.

Data yang ada miliki memang bersifat pribadi dan sangatlah rahasia, data penting inilah yang akhirnya menjadi sasaran orang jahat untuk melakukan pelacakan, kemudian disimpan dan bahkan bisa dijual ke pengiklan.

Dampaknya apa? bisa saja hal favorit yang selama ini menjadi langganan kita menjadi lebih mahal tarifnya. Mereka tau persis jika kita mau membayar dengan harga berapapun demi menikmati konten atau fitur tersebut.

VPN inilah yang nantinya mengisi posisi pengaman data dan bekerja dengan cara melakukan enkripsi pada koneksi internet dengan menutup IP kita dengan alamat IP lain.

 

 

Apa itu VPN Server ?

Server dalam VPN berperan sebagai jembatan penghubung yang nantinya dilalui oleh pengguna untuk memverifikasi data yang dimasukkan pengguna sebelum dapat menggunakan IP Address baru.

VPN Server sendiri juga sudah didesain secara khusus untuk menerima data-data seperti ini, mungkin jika hanya 1 atau 2 komputer saja tak masalah, tapi bayangkan penyedia jasa layanan VPN terkenal seperti HMA yang menerima hingga lebih dari ratusan ribu request.

 

Apa itu VPN di Android ?

Perlu teman-teman ketahui jika VPN yang ada pada perangkat komputer dan smartphone memiliki cara kerja yang sama, karena semuanya memiliki alamat IP-nya masing-masing. Sehingga baik menggunakan device apapun, VPN hanya berperan di jaringan saja.

Pengguna Android juga terus berkembang bahkan melebih pengguna perangkat komputer, hal ini mungkin karena HP lebih terjangkau dan fleksibel bisa digunakan dimanapun dan kapanpun. Selain itu, data yang diinginkan pengiklan juga lebih banyak tersimpan di Smartphone.

History browsing, benda-benda yang sering kita lihat, aplikasi yang kita gunakan, barang-barang yang kita cari online, bahkan sampai artikel yang kita baca bisa dicuri dan dijadikan transaksi jual beli kepada pengiklan.

 

Apakah VPN itu Legal ?

Disclaimer: Admin pribadi belum kenal pasti mengenai hukum penggunaan VPN di Indonesia, jadi kita tidak bertanggung jawab untuk kalian yang memang menggunakan VPN dengan tujuan negatif atau merugikan.

Di beberapa negara, VPN 100% dilegalkan untuk memberikan keamanan, privasi dan juga kenyamanan pengguna internet di negara tersebut. Meskipun di Indonesia sendiri penggunaan VPN (gratis) tetap tidak bisa menembus, tetap saja penggunaannya masih bisa digunakan.

Gimana? sudah ada sedikit gambaran dong pastinya apa itu VPN? menurut kalian VPN itu apa sih? tulis di kolom komentar ya supaya kita bisa belajar bareng, tau bareng, dan bisa bantu teman-teman yang lain.

 


komputertips.com

Baca juga:

 

Komunikasi Data

Egan
1 min read

Cara Membuat Watermark di Excel

Egan
34 sec read

Arsitektur Komputer

Egan
52 sec read

2 Replies to “Apa itu VPN”

Leave a Reply