Apa itu SSHD

Suatu ketika, kalian terpikir untuk mengupgrade laptop / pc dan kepikiran untuk mengganti media penyimpanan dengan SSHD, tapi kita belum kenal apa itu SSHD?

Sering kali muncul di benak kita, mana yang lebih baik antara SSD dan SSHD? mau tanya tapi tipikal Indonesia yang bukan jawab malah ngejudge, mending searching aja deh.

 


Apa itu SSHD?

gambar sshd
gambar sshd (storage device)

SSHD adalah singkatan dari solid-state hybrid drive. Ia tetap berupa harddisk yang berputar tapi memiliki kecepatan yang sama dengan SSD, itulah kenapa ia disebut Hybrid.

SSD atau solid-state drive adalah perangkat penyimpanan yang membuat bentuk fisiknya berupa memory chip dibandingkan piringan magnetic yang berputar.

Untuk menambah wawasan, mungkin kalian bisa membaca beberapa artikel ini:

Kalau diibaratkan, SSD lebih mirip USB tapi berukuran besar dan memiliki kecepatan yang jauh lebih cepat. Tapi kalau disuruh memilih, mungkin lebih baik memilih SSHD.

 

Perbandingan SSHD vs SSD

perbandingan sshd vs ssd
ilustrasi sshd vs ssd

Lebih cepat mana antara SSHD dan SSD?. Setidaknya, saat artikel ini dibuat, SSD memiliki 2 macam tipe yaitu SATA dan NVMe.

  • SATA SSD sama seperti perangkat pada umumnya, seperti hard drive laptop atau yang terhubung pada motherboard SATA kalian.
  • NVMe SSD adalah tipe terbaru, bentuknya seperti RAM memanjang dan ia masuk ke slot M.2 di PC / laptop kalian, kecepatannya jauh lebih cepat dari jenis SATA.

Sebaliknya, SSHD dibuat dalam format SATA dan bentuknya seperti penggunaan pada laptop, sayangnya tebal SSHD kebanyakan 9.5 mm sedangkan laptop hanya memuat 7-7.5 mm.

 

Jadi Lebih Baik Beli SSHD atau SSD?

kecepatan ssd vs sshd
angka benchmark ssd dan sshd

Begini, SSD memiliki keterbatasan dalam urusan kapasitas penyimpanan jika dibandingkan HDD biasa, memang ada SSD ukuran 4TB tapi tidak budget friendly jika urusan kapasitas.

Itulah kenapa banyak orang yang menggabungkan pembelian, misalnya 120GB SSD untuk sistem operasi, 2TB untuk media penyimpanan mereka.

Tetapi, dalam ukuran speed SSHD lebih lambat dibandingkan SSD jenis SATA, tapi ia lebih cepat dibanding harddisk biasa, namanya juga gabungan (hybrid), jadi:

  • Gunakan SSD jika kalian tipikal orang yang kecepatan adalah prioritas utama dan penggunaan kantoran saja,
  • Gunakan SSHD jika kalian ingin memiliki kapasitas penyimpanan dengan harga wajar tapi tidak terlalu lambat.

Tapi ingat ya, media penyimpanan yang kalian beli juga tergantung pada perangkat yang digunakan, laptop atau PC?.

Jika Untuk Laptop

Lihat dulu, apakah tempat penyimpanan laptop cuma bisa 1 atau masih bisa 2? kalau hanya 1 mungkin lebih baik SSD, kecuali kalian memang teknisi yang bisa bongkar pasang.

Beberapa laptop custom juga bisa dicabut tempat CD-nya diganti dengan SSD, jadi tak perlu mengganti HDD yang sudah ada.

Jika Untuk PC Desktop

Beli SSD dan HDD jika perlu dan tak perlu ukuran yang terlalu besar untuk SSD, 120GB atau GB sudah sangat cukup bahkan untuk keperluan editing standar.

Masukkan instalasi sistem operasi, program penting untuk pekerjaan, browser dan driver ke SSD dan data penyimpanan seperti film, foto dan dokumen di HDD.

Kesimpulannya, benefit yang kalian dapatkan jika menggunakan SSD adalah kecepatan yang tinggi sedangkan SSHD adalah kapasitas dan kecepatan yang tak terlalu lambat.

Bingung cari sumber belajar online gratis, gak ribet, rangkuman enak dibaca, iklan gak ganggu? cek langsung situs cerdika.com


komputertips.com

Leave a Comment