Apa itu OTG

apa itu otg

Pada smartphone masa kini biasanya telah mensupport teknologi bernama USB On The Go atau biasa disebut OTG, tetapi apa itu OTG?.

Apa itu OTG? OTG adalah spesifikasi standar yang memungkinkan sebuah perangkat untuk membaca data dari perangkat USB tanpa memerlukan PC lagi.

Perangkat sebenarnya berperan sebagai host USB, kemampuan yang tidak dimiliki setiap gadget. Sayangnya, sebagian orang masih belum mengetahui cara menggunakan OTG pada Smartphone mereka

Agar dapat menggunakan fitur ini, kita membutuhkan kabel OTG atau konektor OTG. Tapi, saat ini juga sudah banyak kok USB jenis OTG yang membuat kalian tak perlu lagi menggunakan kabel ini

 

Cara Menggunakan OTG

cara menggunakan otg
gambar: aliexpress | howtogeek | youtube | androidcentral

USB OTG bukanlah fitur khusus ataupun bawaan dari Android. Tetapi karena itu penggunaannya yang paling populer di OS ini, maka kita akan fokus untuk penggunanya.

Perangkat Android yang kita miliki mempunyai port micro-USB atau USB Type-C . Namun, sebagian besar perangkat menggunakan jenis USB, dan port inilah yang kita gunakan untuk memanfaatkan fungsi OTG, caranya:

  1. Siapkan kabel adapter.
  2. Sambungkan USB / PC ke port USB.
  3. Sambungkan Smartphone ke port OTG.
  4. Tunggu beberapa saat.
  5. Akses file / direktori melalui File Manager dari Android.

Selain bisa digunakan untuk menyimpan file, OTG juga bisa kita gunakan untuk perangkat lainnya, misalnya:

1. Memainkan game dengan controller – (bukti)

Minimal, OS kalian adalah Android Pie atau versi atasnya untuk memastikan perangkat kalian support. Dengan kabel OTG, controller-pun tinggal plug and play, tentunya kalian harus memainkan game yang support dengan controller

Jika kalian memiliki Android yang di-root, biasanya perangkat kalian bisa menggunakan controller PS, lumayan kan buat nostalgia game-game jadul.

2. Menghubungkan mouse dan/atau keyboard – (bukti)

Memiliki layar tab yang besar kadang membuat kita sulit untuk menekan layar karena jari yang mungkin pendek. Tapi, dengan sifat Android yang mudah menerima perangkat, plus adanya kabel OTG, kalian bisa menggunakan perangkat ini untuk Android kalian.

Caranya, tinggal menghubungkan mouse atau keyboard kalian ke konektor OTG. Beberapa perangkat yang tidak mensupport mungkin karena versi OS-nya yang tertinggal jauh, Android seharusnya bisa membaca perangkat tersebut.

3. Mencetak dokumen langsung dari Printer – (bukti)

Sama seperti keyboard, printer dengan port plug-and-play USB biasanya compatible dengan perangkat Android. Keuntungannya, kalian bisa langsung mencetak dokumen tanpa perlu lagi bantuan laptop ataupun PC.

Tapi ingat ya, tidak semua perangkat Android men-support hal ini, terkadang port USB juga not supported dengan perangkat tertentu. Meskipun mungkin lebih mudah untuk mengakses printer menggunakan teknologi wireless.

4. Remote Control kamera DSLR – (bukti)

Untuk menggunakan fitur ini, kalian akan membutuhkan aplikasi Pengontrol DSLR, dan biasanya kamera merk Canon banyak di support. Untuk aplikasi Nikon biasanya berbayar, tapi mungkin worth untuk orang yang antusias dengan fotografi

Kalian bisa menyambungkan kamera dengan Android, nantinya Smartphone kalian berubah jadi Screen kamera, lengkap dengan focus, shutter speed, dan fitur lainnya.

 

Cara Mengetahui Perangkat Support OTG atau Tidak

Salah satu pertanyaan umum pada saat ini adalah apakah perangkat kita mendukung USB OTG atau tidak. Ada banyak cara untuk menentukan hal yang sama, mulai dari cara manual.

  • Cek waktu produksi Android kalian, apakah termasuk Android terbaru atau tidak
  • Lihat kemasan produk, biasanya ada logo OTG jika memang support
  • Gunakan aplikasi yang berhubungan dengan USB di PlayStore.

Fungsi dan kemampuan perangkat akan lebih baik dan efisien jika memang tidak mengganggu kinerja perangkat yang lain, meskipun perangkat kalian tidak support, jangan berkecil hati karena tidak semua hal dimiliki OTG

 

Kelebihan dan Kekurangan Kabel USB OTG

kelebihan otg

Kabel OTG tetaplah kabel yang harus kalian bawa kemana-mana. Dengan adanya OTG, diharapkan pengguna merasa dimudahkan untuk menggunakan fitur tambahan yang “diharapkan” memang ada di Android.

Meski begitu, segala sesuatunya pasti memiliki kekurangan. Seperti halnya pada kabel OTG:

Kelebihan

  1. Portable dan mudah dibawa
  2. Ukurannya kecil tidak memakan tempat
  3. Umumnya ukurannya pendek sehingga tidak mengganggu aktivitas
  4. Sifatnya plug and play, tidak memakan waktu lama
  5. Transfer datanya tidak terlalu lama, tergantung size filenya
  6. Bisa dihubungkan dengan berbagai perangkat lainnya

Kekurangan

  1. Kompatibilitas dengan perangkat lain terbatas
  2. Terkadang kabelnya kaku sehingga posisi nyaman sulit dicari
  3. Kinerja smartphone berkurang saat menggunakan kabel OTG
  4. Kabel yang kendur memancing emosi karena sensitif
  5. Mudah terselip

Selain pengguna Android, pengguna iOS seperti pada iPhone dan iPad juga bisa menikmati manfaat dari OTG. Tetapi, kabel yang digunakan juga mungkin berbeda karena PIN yang ada di konektornya juga berbeda.

Jadi, sekarang udah tau ya apa itu OTG? Semoga ilmunya bermanfaat, jangan lewatkan juga artikel menarik lainnya dari admin.

Jenis Jenis Printer

Egan
2 min read

Ukuran Kertas A5

Egan
1 min read

Produk Google

Egan
8 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.