Animasi komputer adalah suatu karya seni modern untuk menghasilkan gambar bergerak dengan komputer sebagai salah satu perantara nya. Pembuatan animasi ini menggunakan sistem yang bernama CGI (Computer Generated Imagery).

CGI merupakan salah satu penerapan bidang komputer grafis untuk membuat dan manipulasi gambar visual secara digital. Sesuai dengan namanya, animasi ini secara keseluruhan dikerjakan oleh komputer seperti:

  • Membuat gambar menjadi bergerak.
  • Memberi efek suara.
  • Mengatur spesial efek.

Ada juga animasi komputer yang tidak bergerak, jenis karya seni ini juga memiliki tujuan tersendiri dalam pembuatannya.

 

Manfaat Animasi Komputer

contoh animasi komputer

Dengan adanya animasi komputer, manusia menjadi lebih dipermudah untuk menggambarkan hal-hal tertentu yang pada awalnya tidak mungkin digambarkan secara gamblang. Maka, dengan adanya animasi, penggambaran menjadi lebih mudah.

Fungsi dasarnya seperti menjelaskan bagaimana proses melakukan berjalan ke luar angkasa, hingga menceritakan proses terjadinya bencana alam seperti Tsunami atau gempa bumi dan lain sebagainya.

Kejadian dapat diceritakan dengan lebih detail dan persuasif dengan bantuan animasi komputer. Selain dalam bidang sains, salah satu manfaat animasi dalam bidang pendidikan adalah penggunaan-nya ketika presentasi dalam pembelajaran di sekolah.

 

Sejarah Animasi Komputer

Animasi komputer pertama kali dikembangkan di Bell Telephone Laboratory pada tahun 1960 oleh

  • Edward E. Zajak
  • Frank W Sinden
  • Keneth C Knowton, dan
  • A Michael Noll.

Pada pengembangan nya, teknologi CGI mula-mula dikenalkan pada tahun 1973 pada film Westworld. Film yang merupakan hasil karya dari Michael Chrichton ini merupakan film pertama yang memadukan animasi dan citra digital komputer sebagai bagian dari film tersebut.

Baca juga:  Pengertian Corel Draw

Film animasi yang pertama kali tersebut masih menggunakan teknologi 2D. Sedangkan berdasarkan perkembangnnya, animasi komputer kini dibedakan menjadi dua yakni grafika komputer dengan bentuk sederhana 2D dan grafika 3D yaitu salah satu bentuk penyempurnaan dari animasi 2D.

Animasi dalam bentuk 3D biasanya digunakan pada film-film dengan katagori box office seperti Harry potter, Avatar, Smurf dan lain-lain.

 

Macam – Macam Animasi Komputer

animasi komputer

Berdasarkan tipenya, animasi komputer dikelompokan menjadi dua tipe yaitu grafik 2 dimensi dan 3 dimensi, perbedaan di antara keduanya seperti:

Animasi 2 Dimensi

  • Animasi dua dimensi merupakan bentuk animasi yang paling sering kita temui.
  • Animasi ini mengandalkan perubahan gerak dalam setiap frame.
  • Prinsip kerja dalam animasi komputer ini merupakan gerakan perubahan dan transisi bentuk dari satu gambar ke gambar yang lain sehingga menghasilkan pergerakan yang mulus.

Contohnya bentuk animasi 2D dapat anda temu. karakter animasi-animasi dalam film kartun seperti dalam film Cars. Spongbob dan lain sebagainya.

Animasi 3 Dimensi

Dalam penggarapannya, animasi ini merupakan pengembangan dari animasi 2 dimensi sehingga akan menghasilkan sesuatu yang lebih realistik dan nyata serta hampir menyerupai dengan bentuk aslinya.

Animasi 3D menghasilkam gambar yang semi-realistik dan hampir menyerupai bentuk aslinya. Contoh film yang termasuk menggunkan animasi 3 dimensi antara lain seperti film Avatar, The Smurf dan lain sebagainya.

 

Pembuatan Animasi Komputer

gambar animasi komputer

Berdasarkan proses pengerjaannya, teknik membuat animasi komputer dibagi menjadi beberapa metode seperti:

1. Cara Tradisional

Animasi komputer yang dikerjakan secara tradisional adalah proses membuat animasi yang dikerjakan dengan manual dan mengandalkan bantuan tangan manusia.

  • Proses pembuatannya animasi secara tradisional membutuhkan waktu dan tenaga yang besar dalam mengerjakan dan melengkapi setiap frame-nya.
  • Animasi tradisional dilakukan dengan cara menggambar manual pada lembar-lembar kertas dan kemudian digabungkan sehingga kemudian menimbulkan efek gambar bergerak.
  • Dalam satu animasi, dibutuhkan hingga 20 frame sehingga menghasilkan sebuah gambar yang bergerak.
  • Animasi tradisional ini mengandalkan kemampuan animator secara penuh.
  • Dibuat dengan insting dan skill animator secara keseluruhan.
Baca juga:  Pengertian Power Supply

Biasanya teknik ini digunakan untuk animasi bergaya kartun seperti Cars, Nemo dan animasi kartun lainnya.

2. Motion Capture

Animasi motion capture dibuat dengan cara memindahkan gerak karakter asli dengan cara motion capture yang kemudian diaplikasikan pada objek digital. Animasi yang menggunakan teknik ini akan menghasilkan gambar yang serupa dengan karakter aslinya.

Contohnya seperti dalam film Avatar atau film dengan special efek seperti Lord of the Ring.

3. Dynamic Simulation

Teknik ini dilakukan dengan cara penghitungan fisika pada objek yang kemudian direalisasikan dan disimulasikan secara realtime. Contoh animasi yang menggunakan metode ini antara lain animasi dan penggambaran gelas jatuh. air mengalir dan lain sebagainya.

4. Partikel

Mengerjakan sebuah objek yang dianimasikan secara bersamaan sehingga membentuk sebuah pola. Contohnya seperti animasi yang menggambarkan tentang sekumpulan burung terbang. daun berguguran ataupun titik air hujan.

Dengan program combustion yang merupakan plug in software teknologi seperti 3D Studio Max, maka akan membuat efek transisi yang biasa digunakan untuk perpindahan atau perpindahan antarsekuel film menjadi lebih menarik dan mudah.

Dengan semakin berkembangnya teknologi, maka semakin luas pula lahan pekerjaan yang ditawarkan serta semakin besar pula tantangan untuk para animator menghasilkan karya-karya terbaiknya.

 

Cara Kerja Animasi Komputer

Adapun teknik dan tahapan kerja dari animasi komputer meliputi beberapa proses, seperti berikut:

Pra Produksi

Proses pembuatan animasi yang pertama adalah tahap pra produksi. Pada tahapan ini mencakup beberapa proses seperti diantaranya meliputi pembentukan konsep, menyusun skenario. pembentukan karakter. storyboard, dubbing awal. musik dan juga pemberian sound FX.

Produksi

Setelah melalui tahap pra produksi. tahap yang selanjutnya adalah masa produksi. Dimana dalam proses ini akan dikerjakan proses-proses seperti lay out. key motion. in beetween. background serta pewarnaan dan scannning.

Baca juga:  Aplikasi Komputer untuk Administrasi Keuangan

Post Produksi

Dan setelah melakukan setangkaian proses tersebut diatas. maka bagian yang terakhir adalah post produksi.

Post produksi ini meliputi composite. editing, rendering, serta pemindahan film ke dalam media seperti VCD. DVD, VHS dan lain sebagainya.

 

Perkembangan Animasi Komputer

perkembangan animasi

Teknologi semakin mengalami perubahan dan perkembangan dari waktu ke waktu. Salah satunya juga mencakup teknologi animasi komputer yang semakin berkembang pula dari hari ke hari.

Semua bermula ketika ditemukannya animasi yang berbasis 2 dimensi dimana dalam realisasinya tentu masih memiliki kekurangan. Animasi ini hanya menampilkan objek yang hanya memiliki panjang (x-axis) dan lebar (y-axis saja).

Pembuatannya dilakukan dengan cara membuat sketsa gambar dan kemudian digerakan satu demi satu sehingga menghasilkan sebuah gambar yang bergerak secara sistematis dan runtut.

Animasi dalam bentuk 2D ini telah menghasilkan berbagai karya-karya yang revolusioner dari waktu ke waktu yaitu dalam pembuatan film-film kartun yang tetap melegenda hingga kini. Seperti contohnya adalah film-film dengan garapan Walt Disney yang tetap populer hingga kini.

Meskipun dalam pembuatannya. kartun-kartun rekaan Walt Disney ini telah digarap dalam jangka waktu 500 tahun yang lalu. Namun kepopulerannya tetap awet hingga sekarang.

 

Penutup

Ditahun-tahun mendatang. dunia animasi diharapkan akan menjadi lebih gemerlap dan mengalami banyak kemajuan.

Salah satu contoh nyata adalah dengan dilirisnya software eye matic face station. Dimana dengan teknologi 3D ini maka seorang sutradara tidak lagi memerlukan untuk mendatangkan artis atau aktor dengan bayaran mahal untuk membuat sebuah film.

Cukup memiliki foto artis tersebut tampak samping dan tampak depan. maka akan bisa dibuat model wajah artis tersebut bisa dibentuk dalam bentuk animasi 3D dengan model yang sangat mirip dengan aslinya.