192.168.100.1 Indihome

Untuk membuka pengaturan router, silahkan menuju ke halaman login router dengan cara ketik alamat IP 192.168.100.1 pada URL browser yang kamu gunakan

Note: Apabila tombol diatas tidak berfungsi, kemungkinan besar IP tersebut bukan default gateway routermu. Untuk membuka halaman login router hanya bisa dilakukan pada jaringan yang sama.

 

Login Admin Default untuk 192.168.100.1

192.168.100.1 Indihome ganti password
IP Address192.168.100.1
Username:user
Password:user
IP Address192.168.100.1
Username:admin
Password:password
IP Address192.168.100.1
Username:admin
Password:motorola
IP Address192.168.100.1
Username:root
Password:root
IP Address192.168.100.1
Username:admin
Password:admin

Note: Untuk pengguna Indihome, bisa menggunakan data login admin yang ada dibawah ini. Namun ada kemungkinan data nya sudah diupdate oleh teknisi daerah masing-masing.

User login IndiHome #1

  • IP Address: 192.168.100.1
  • Username: support
  • Password: theworldinyourhand

User login IndiHome #2

  • IP Address: 192.168.100.1
  • Username: Admin
  • Password: admin

User login IndiHome #3

  • IP Address: 192.168.100.1
  • Username: support
  • Password: zep2kjzol

*Daftar ini akan diupdate secara berkala jika ada perubahan data atau keluhan tidak bisa login. Perhatikan juga besar kecil huruf karena case-sensitive.

 

Cara Login ke Router menggunakan 192.168.100.1

Sebelum memulai, pastikan browser yang akan digunakan sudah versi terbaru, bebas menggunakan browser apa saja. Berikut langkah-langkah nya.

1. Temukan alamat IP yang ada pada router

  • Pastikan dulu apakah alamat IP routermu ada 192.168.100.1 atau bukan, jika bisa diakses pada browser, berarti alamat routermu bukan itu.
  • Untuk mengeceknya, kamu bisa melihat di label router bagian belakang, disitu terdapat alamat default IP dan data login.
  • Cara lainnya bisa menggunakan command prompt. Buka command prompt dengan cara Win+R ketik cmd, ketikkan ipconfig untuk menampilkan informasi tentang jaringan, disitu terdapat IP default gateway yang ada pada router.
  • Periksa juga apakah jaringannya menggunakan IP dynamic atau tidak dengan cara mengakses menu control panel Network and Sharing Center.

2. Login ke router dengan data user yang digunakan

  • Setelah IP router didapat, kita perlu login terlebih dahulu agar mendapat akses masuk ke router dan mengontrolnya.
  • Pada beberapa jenis router, ada batasan kesempatan untuk mengisi data login untuk menghindari pembobolan akses ke router. Jika melakukan kesalahan beberapa kali, router dapat memblokir kita dengan jangka waktu tertentu.
  • Jika data login yang tertera diatas tidak ada yang berhasil, kemungkinan datanya sudah diganti. Cara untuk mengatasi yaitu dengan hard reset routernya. Namun jangan dilakukan apabila router tersebut sudah dikonfigurasi oleh ISP, karena akan membuat konfigurasi tersebut hilang.

3. Periksa koneksi internet yang terhubung

  • Cek apakah routermu tersambung internetnya atau tidak. Kamu bisa cek pada lampu indikator pada router, jika menyala hijau, maka routermu sudah tersambung.
  • Periksa juga IP yang ada perangkat tidak saling tabrak (IP conflict), jangan coba untuk mengganti konfigurasi router oleh ISP untuk menghindari masalah ini.

4. Lakukan konfigurasi pada router

  • Pada pengaturan router, kamu bisa mengganti konfigurasi WLAN, Ethernet, atau bahkan melakukan blacklist pada perangkat tertentu untuk memblokir akses ke jaringan router.
  • Untuk pemblokiran perangkat, kamu bisa gunakan MAC-Address filter agar perangkat tetap tidak dapat tersambung meskipun sudah mengganti IP nya.
  • JIka router mengalami freeze / tidak bekerja sebagaimana mestinya, kamu bisa melakukan reboot tanpa menekan tombol fisik jika memiliki hak akses ke router.
 

Mengamankan Router

Semua perangkat jaringan pasti memiliki celah keamanan meskipun kecil, celah itu bisa saja diketahui oleh orang yang tidak bertanggung jawab lalu masuk dan merusak jaringanmu.

bentuknya bisa berupa perubahan konfigurasi router, mencuri data-data penting maupun pribadi, atau merusak perangkat itu sampai tidak dapat berfungsi lagi.

Advertisement

Kita bisa melakukan upaya pencegahan agar itu tidak terjadi. Diantaranya yaitu Update Firmware secara teratur. Firmware merupakan perangkat lunak yang memberi kita fasilitas melakukan berbagai konfigurasi pada router.

Gunanya update adalah untuk memperbaiki error atau bug yang ada pada perangkat sehingga disarankan selalu cek secara berkala versi firmware yang terbaru.

 

Perlunya Mengganti Data Login Router

Seperti yang diceritakan diatas, orang tidak bertanggung jawab bisa mengakses halaman konfigurasi pada router kita. Hal itu pasti membuat kamu tidak tenang jika memang ada yang menargetkanmu.

Untuk mengaksesnya kita perlu data login yang sudah dikonfigurasi secara default pada pabrik. Karena data tersebut hal yang umum diketahui, sangat disarankan kita langsung menggantinya agar orang tidak mencoba untuk melakukan login dengan data login yang banyak tersebar di internet.

 

Perbedaan Penulisan 192.168.100.1 vs 192.168.l00.1

Sebelum menyimpulkan bahwa alamat IP yang kamu gunakan salah, ketahui terlebih dahulu penulisan yang seharusnya 192.168.100.1, namun orang sering salah mengira dengan mengetik 192.168.l00.1.

Penulisan IP address router merupakan case-sensitive, jadi hanya salah pada satu huruf / angka saja kita jadi tidak bisa mengaksesnya. Jika memang alamat IP itu betul dan masih tidak bisa diakses, coba tambahkan http didepannya menjadi http://192.168.100.1 tanpa menggunakan www didepannya.

Perhatikan juga jaringannya apakah tersambung atau tidak, dan browser yang kamu gunakan support dengan HTML5, dan bukan versi browser yang lawas. Beberapa router terkadang ditemukan dengan tambahan /login.asp, //192.168.1.1, start.ghtml dan lainnya.

Baca juga: 192.168.l00.1, 192.168.1.1 Indihome Login, cara cek FUP Indihome, Cara melihat IP WiFi indihome

X

Advertisements

Advertisements