192.168.1.1 Indihome

Cara mengakses halaman admin login pada router menggunakan IP 192.168.1.1 lewat web browser yang kamu gunakan.

Note: Tombol diatas mengarahkanmu ke halaman login router. Jika tidak bekerja, berarti default gateway yang ada pada routermu bukan IP tersebut. Halaman admin hanya bisa diakses dengan jaringan yang sama.

 

Data Default Login Admin 192.168.1.1

ganti password router huawei indihome
IP Address192.168.1.1
Username:admin
Password:admin
IP Address192.168.1.1
Username:(diberikan ISP)
Password:admin
IP Address192.168.1.1
Username:admin
Password:
IP Address192.168.1.1
Username:
Password:admin
IP Address192.168.1.1
Username:admin
Password:airlive

Note: Untuk ISP Indihome, bisa menggunakan daftar data login dibawah ini. Jika tidak berhasil, berarti sudah diganti oleh teknisi dan disarankan untuk menghubunginya.

User login IndiHome #1

  • IP Address: 192.168.1.1
  • Username: support
  • Password: theworldinyourhand

User login IndiHome #2

  • IP Address: 192.168.1.1
  • Username: user
  • Password: user

User login IndiHome #3

  • IP Address: 192.168.1.1
  • Username: username
  • Password: admin

*Daftar data login diatas akan diperbaharui jika ada yang tidak berfungsi.

Penjelasan IP 192.168.1.1 Indihome

Alamat IP 192.168.1.1 adalah pemberi identitas untuk suatu perangkat jaringan. IP juga sebagai jalur untuk mengakses halaman login router. Halaman login router tersebut akan menuju ke konfigurasi router, yang dimana kamu bisa mengatur berbagai macam konfigurasi.

Didalam halaman konfigurasi, kamu bisa melakukan konfigurasi nama router, password router, penyetelan WLAN, Ethernet, dan melakukan blacklist terhadap perangkat yang mencurigakan.

1. Cek koneksi yang tersambung ke router

  • Pertama, cek pada kondisi fisik router. Cek kabelnya sudah terpasang dengan benar dan port yang digunakan.
  • Kamu bisa melihatnya pada indikator lampu router, jika lampu indikator menyala hijau, berarti router sudah terpasang dengan benar dan terkoneksi ke jaringan.
  • Cek juga komputer yang kamu gunakan sudah tersambung ke jaringan router. Cara ceknya ada di menu control panel Network and Internet Settings.
  • Terkadang IP yang tersambung mengalami IP conflict (dua perangkat dengan IP yang sama). Jika iya, maka ganti ke IP address yang baru. Untuk pengguna ISP, lebih baik jangan diubah untuk menghindari konfigurasi ISP hilang.

2. Login ke router dengan IP 192.168.1.1

  • Pastikan dulu apakah IP mu 192.168.1.1 atau bukan. Cek lewat command prompt dengan cara pencet tombol Win+R lalu ketik cmd. masukkan ipconfig untuk menampilkan data jaringan kamu.
  • Setelah mendapatkan IP routermu, masukkan IP ke URL web browser, lalu masukkan data login kamu untuk memasuki halaman konfigurasi router.

Tidak Bisa Masuk ke 192.168.1.1

Pada saat mengakses IP 192.168.1.1 Indihome, terkadang tidak dapat muncul atau tidak bisa diakses. Itu sering terjadi bagi para pengguna produk telkom baik itu dari Indihome, Speedy, maupun WiFi ID, apa yang menyebabkan itu terjadi?

Coba cek lagi IP yang kamu gunakan, mungkin saja bukan 192.168.1.1. Tetapi hal ini bisa disebabkan juga oleh adanya sistem keamanan dari Telkom berupa Access Control List (ACL). sistem ACL ini mencegah akses yang janggal oleh pihak luar.

Konfigurasi pada IP 192.168.1.1 Indihome

1. Ubah Data login admin router

Hal pertama yang harus dilakukan setelah mengakses halaman admin pertama kali adalah mengganti data login pada router. Data login memberikan akses pada konfigurasi router yang tentunya melakukan berbagai konfigurasi pada perangkat router ini.

Untuk mengganti data login, login ke halaman admin, lalu ke menu security, masukkan data lama dan data baru untuk menggantinya. Jika kamu lupa data login, kamu bisa mereset routernya. Tetapi tidak disarankan jika kamu pengguna ISP karna berpotensi menghilangkan konfigurasinya.

2. Ubah alamat IP 192.168.1.1

Selain menjadi identitas perangkat jaringan, alamat IP juga menjadi akses menuju halaman login admin. Kamu bisa mengubah IP 192.168.1.1 ini ke alamat IP lain. Namun disarankan jangan diganti karena ada kemungkinan konfigurasi yang ada, bahkan konfigurasi yang dari ISP akan rusak.

3. Reset konfigurasi router

Jika ada sesuatu yang tidak bekerja tidak baik pada router, kita bisa melakukan hard reset agar semua konfigurasi kembali ke awal pabrik yang dimana tidak ada error.

Untuk cara mereset router:

  • Nyalakan router Indihome kamu, lalu cari lubang kecil yang ada pada router, biasanya terletak di bagian belakang router.
  • Setelah mengetahui tombol reset dimana, gunakan jarum atau lainnya yang bisa masuk kedalam lubang untuk mereset router.
  • Tahan tombol resetnya selama 15 detik atau sampai semua lampu indikator berkedip. Jika sudah berkedip semua, lepas tombolnya, router akan melakukan reboot secara otomatis.

Mengamankan Router

Mengamankan router sangat penting demi menjaga data-data yang ada didalamnya. Tiap router memiliki celah keamanan yang bisa saja dimanfaatkan oleh orang lain ataupun merusak jaringan routermu.

Untuk upaya mengamankan router ada banyak caranya, misalnya mengganti data login admin router, mengupdate firmware pada router, menyalakan firewall.

Firmware sendiri adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menampilkan halaman login sebagai jalur ke halaman admin router. Kita harus mengupdate firmware secara rutin agar celah-celah keamanan yang sudah ada bisa diperbaiki.

Penulisan IP 192.168.1.1 yang benar

Penulisan IP yang benar adalah deretan nomor yang berisikan angka biner 32-bit. Contohnya 192.168.1.1, lalu bagaimana dengan 192.168.I.I, yang terdiri dari huruf “I”?

Banyak orang yang mengira bahwa penulisan IP nya adalah 192.168.I.I, padahal IP hanya terdiri dari nomor saja. Ini juga bisa menjadi faktor kamu tidak bisa mengakses halaman login router, maka dari itu kita harus teliti agar tidak ada kendala saat melakukan akses pada halaman login.

Ada juga kasus IP 192.168.1.1 tidak bisa diakses meskipun penulisannya sudah benar. Coba tambahkan http didepannya, contohnya menjadi http://192.168.1.1 tanpa ada tambahan www.

cara penulisan IP address yang salah diantaranya:

  • 192.l68.I.1
  • 192.l68.1.I
  • 192.l68.I.I