192.168.0.1 TP Link

IP 192.168.0.1 digunakan untuk mengakses halaman login admin pada router. Masukkan IP tersebut ke URL web browser yang kamu gunakan, atau klik tombol dibawah ini.

Note: Halaman admin router hanya bisa diakses lewat default gateway pada router. dan perangkat harus berada pada jaringan yang sama. Cek terlebih dahulu apakah IP router 192.168.0.1 atau bukan.

Default Login Admin 192.168.0.1 TP Link

IP Address192.168.0.1
Username:admin
Password:admin

*Data login dibawah ini untuk pengguna ISP Indihome. Data akan selalu diupdate jika ada yang sudah tidak berfungsi.

User login IndiHome #1

  • IP Address: 192.168.0.1
  • Username: support
  • Password: theworldinyourhand

User login IndiHome #2

  • IP Address: 192.168.0.1
  • Username: support
  • Password: zep2kjzol

User login IndiHome #3

  • IP Address: 192.168.0.1
  • Username: Admin
  • Password: admin

Note: Jika sudah mencoba semua data login diatas masih tidak bisa login, kemungkinan besar data loginnya sudah diganti oleh teknisi, Silahkan hubungi teknisi di daerahmu untuk mengetahui data loginnya.

Cara Login 192.168.0.1 TP Link

  • Login menggunakan data login yang ada diatas untuk mengakses halaman admin dan mengatur router.
  • Gunakan web browser yang sudah mendukung HMTL5. HTML5 bertugas menampilkan halaman admin dengan semestinya. lalu ketik IP 192.168.0.1 pada URL browser.
  • Setelah itu, muncul halaman login router yang menampilkan dua kolom. Dua kolom tersebut untuk mengisi username dan password data login yang diatur pada router.
  • Masukkan data loginnya. Misal kolom username admin dan password admin.
  • Isi data login dengan teliti, pada beberapa router TP Link, ada hitungan kesempatan login untuk mencegah spamming (pemasukan beruntun). Jika login berhasil, kamu akan dialihkan ke halaman utama konfigurasi router.

Tidak Bisa Masuk ke 192.168.0.1 TP Link

Jika pada saat mengakses 192.168.0.1 tidak bisa masuk, bisa saja itu disebabkan oleh adanya fitur keamanan Access Control List (ACL) dari ISP Telkom. baik itu Indihome, Speedy, maupun WiFi ID.

ACL bertujuan mencegah akses jarak jauh yang mencurigakan. Jadi tenang saja, ACL bukan berasal dari error router kita, tetapi fitur keamanan yang membantu kita mengamankan router.

Cara Mereset Router TP Link

Mungkin di antara kamu sudah menggunakan router TP Link ini sejak lama dan hampir tidak menyentuh halaman konfigurasi lagi. Akibatnya kamu lupa data login yang diatur pada router dan tidak bisa mengaksesnya.

Cara yang bisa kamu lakukan adalah mereset konfigurasi routernya. Caranya, cari tombol kecil yang ada pada router, biasanya tertulis juga “reset”. lalu tahan 15 detik sampai semua lampu indikator berkedip. Tunggu proses reset selesai.

Perlu diingat, cara reset ini akan mereset semua konfigurasi yang ada pada router. Jika kamu pengguna ISP, disarankan agar tidak mereset routernya. Konfigurasi ISP ada pada router tersebut. Hubungi teknisi untuk ditangani.

Mengamankan Router 192.168.0.1 TP Link

Keamanan router tentunya sangat vital bagi jaringan kita. Orang bisa saja menyusup lalu mengacak-acak dan mungkin mencuri data-data pribadi. maka dari itu disini kita akan membahas berbagai cara mengamankannya.

Mengganti data login admin

Hal yang kamu lakukan setelah instalasi atau reset router, yaitu mengganti data login admin. hal ini bertujuan tidak sembarangan orang masuk begitu saja dan mengatur router kita.

Data login admin yang default banyak tersebar luas di internet. Jadi orang hanya perlu mengakses internet untuk mengetahui apa data login yang kamu gunakan. berikut tips membuat data login yang aman.

  1. Cari hal yang tidak umum. Jangan memasukkan data pribadi dirimu termasuk nama, tanggal lahir, dan lainnya. karena mudah ditebak.
  2. Gunakan kombinasi simbol maupun angka yang kompleks. Misalnya menggunakan “$&%@” dan angka yang jauh dari data diri.
  3. Buat sesuai kemampuan. Maksudnya, buat sekompleks mungkin, tetapi kamu mudah mengahafalnya. Menulis di kertas sama saja tidak ada keamanan bagi routermu.

Update Firmware Router

Perangkat lunak pada router seringkali mengalami bug error, dan diantara itu merupakan celah keamanan. Update firmware bertujuan untuk memperbaiki celah itu agar router kita menjadi lebih aman, aktifkan auto update jika perlu.

Nyalakan Firewall

Firewall juga berperan dalam menjaga router kita. Firewall membatasi semua akses dari luar yang mencurigakan, sehingga router terhindar dari akses remote jarak jauh.

Perbedaan Penulisan 192.168.0.1 vs 192.168.0.I

Penulisan pada IP address sudah dijelaskan diatas. Penulisan IP address hanya terdiri dari angka-angka saja. Jika kamu mengira IP kamu 192.168.o.1, atau 192.168.0.I, semua itu salah, karena IP hanya berdirikan angka saja.

Jika kamu mencoba masuk dengan mengetik IP yang salah tersebut ke URL browser, maka tidak ada tampilan yang muncul, blank putih. Itu wajar karena penulisan alamat IP nya salah.

Tapi terkadang IP address saja tidak cukup. Jika alamat IP sudah benar dan masih tidak dapat tersambung, coba tambah http menjadi http://192.168.0.1 tanpa www didepan.

berikut contoh penulisan alamat IP yang salah:

  • 192.168.0.I
  • 192.168.o.1
  • 192.168.o.I